<a href=http://zawa.blogsome.com>Zawa Clocks</a>

Join The Community

Premium WordPress Themes

Selasa, 11 Januari 2011

Pembelajaran yang begitu memotivasi.....

Belajar ikhlas......
Belajar bersyukur.....
Belajar Sabar......
Belajar tabah.....
Belajar Tidak mengeluh....
Belajar untuk tidak berputus asa....
Belajar untuk Berani bermimpi.....
Belajar untuk selalu mengandalkan ALLAH S.W.T. disetiap usaha yang dilakukan.....


Keyakinan dan Potensi dalam Diri Manusia

Menurut Anda, bagaimana cara meningkatkan prestasi ? Belajar dengan giat ? Yaa…belajar memang salah satu caranya, tetapi ada satu hal yang sangat mempengaruhi apakah nantinya kita akan berhasil atau tidak, yaitu sebuah keyakinan.
Kesuksesan kita itu bergantung pada keyakinan akan diri sendiri, apakah kita bisa sukses atau tidak. Keyakinan itu berada di alam bawah sadar. Jika alam bawah sadar kita dipenuhi dengan keyakinan akan sukses, maka kita akan sukses. Tetapi jika alam bawah sadar kita tidak yakin dengan diri sendiri, maka potensi yang kita miliki tidak akan keluar.
Jika sugesti negative itu mempengaruhi alam bawah sadar, maka dengan sendirinya akan tumbuh rasa tidak percaya diri (pesimis), tidak berani mencoba hal-hal baru, takut gagal, dan masih banyak perilaku negative lainnya. Sebaliknya, jika kita mensugestikan alam bawah sadar dengan sesuatu yang positif, maka akan timbul rasa percaya diri (optimis) sehingga kita berani melakukan hal-hal baru untuk mencapai kesuksesan itu.
Jangan biarkan rasa takut itu menguasai hidup kita, karena itu akan membatasi kita untuk melakukan berbagai hal yang positif sehingga mempersulit rencana menjadi pribadi yang berprestasi. Tetapi, kita harus yakin bahwa kita bisa karena kita dilahirkan di dunia ini sudah dilengkapi dengan potensi yang diberikan oleh Tuhan untuk sukses. Pilihan selanjutnya itu terserah kita, apakah kita mau dan mampu memanfaatkan potensi yang diberikan atau tidak. Jadi, jangan menganggap diri kita tidak mampu sebelum mencoba, belajar, berlatih dan berdoa kepada Tuhan.
Tahukah Anda ? Yang mempengaruhi semangat kita bukanlah factor-faktor dari luar, melainkan factor dari dalam diri sendiri. Sebesar apapun dukungan dari luar yang datang, semuanya menjadi percuma kalau kita tidak menyertakan kekuatan dari dalam diri. Dan ingatlah, jika kita hanya diam, menunggu atau bermanja-manja, keberhasilan mungkin akan menjadi angan-angan. Namun, jika kita belajar, berusaha, dan berdoa semua cita-cita yang diharapkan akan terwujud karena tidak ada yang mustahil.


Tallent Show.... S.I 2010 ITS.......

“TALENT SHOW“
Pelajaran yang dapat kita ambil dari talent show adalah :
1. Melatih kreatifitas
Permainan ini mengajarkan kita untuk lebih kreatif dalam merancang drama yang akan kita tampilkan nantinya.

2. Melatih kekompakan tim.
Kerjasama tim sangat diperlukan dalam permainan ini hingga kekompakan sangatlah diperlukan agar hasil yang dicapai dapat memuaskan hasilnya.

3. Melatih perlunya saling membantu antara anggota kelompok.
Agar semua ide dapat dijalankan dengan baik maka saling membantu sesama sangatlah diperlukan dan juga agar semua anggota tim aktif dalam pengerjaan tugas.

4. Membangun kebersamaan.
Proses perancangan pembuatan film sangat membuat kebersamaan terasa karena semua anggota aktif dalam pengerjaan dan perancangan jadi kebersamaan tim makin terasa.

5. Melatih untuk tidak egois.
Permainan ini melatih kita untuk tidak egois dan dapat selalu saling membandingkan yang terbaik.



6. Saling mengerti sesama anggota tim dan tidak egois.
Pada saat mulai bekerja pasti akan timbul sikap egois dan maw terus untuk diikuti oleh sebab itu kita dapat terlatih untuk saling pengertian dan mendengarkan masukan dari anggota tim kemudian juga agar belajar tidak egois.

7. Melatih kesiapan untuk kalah dan menang dalam segala hal.
Setiap penampilan yang kita tampilkan merupakan hasil kerja sama tim jadi kita harus siap apakah tim kita menang ataupun kalah.

8. Saling menghargai setiap karya.
Tampilan pada saat talent show membuat kita dapat mengahrgai karya orang lain dan juga setiap karya yang ada.


Be Leader.......

“ EMPLOYE N MANAJER “
Pembelajaran yang dapat di ambil dari permainan ini antar lain :
1. Tanggung Jawab
Permainan in mengajarkan kita untuk dapat tanggung jawab karena kedua jabatan yang akan kita pegang dan jabat apakah employer dan manajer masing –masing sangat penting dan juga memiliki tugas yang sangat berat oleh sebab itu tangung jawab merupakan hal yang terpenting.

2. Fokus
Permainan ini juga mengajarkan kita untuk tetap focus karena harus mampu membagi tugas dengan baik dan juga tetap menjalankan tugas dengan baik dan tetap sesuai aturan.

3. Menjadi pemimpin yang baik
Permainan ini juga mengajarkan kita untuk dapat menjadi pemimpin yang baik.

4. Menjadi diri sendiri
Selain mengajarkan kita untuk dapat menjadi pemimpin yang baik permainan ini juga mengajarkan kita untuk dapat menjadi diri sendiri karena kita harus menciptakan kreasi dan pribadi sendiri sehingga kita akan mampu menjadi diri sendiri .




“ I i Captian ”
Pembelajaran yang dapat diambil dari permainan I i Captian antara lain:

1. Menjadi pemimpin sejati
Permainan ini mengajarkan kita untuk dapat menjadi pemimpin sejati karena dalam permainan ini kita dituntut untuk dapat dsaling bekerjasama dalam tim dan juga dapat mengarahkan tim yang kita miliki kepilihan terbaik.

2. Saling Kerjasama.
Dalam permainan ini kita akan diajarkan untuk dapat saling kerjasama dan selalu kompak dalam tim selain menjadi leader yang baik kita juga harus memperhatikan tim yang kita miliki.

3. Belajar mengatur tim yang baik.
Permainan ini mengajarkan kita untuk selalu dapat memanage tim dengan baik karena untuk dapat mengatur berbagai ego dan sikap berbagai orang sangat susah oleh sebab itu permainan ini mengajarkan kita untuk dapat selalu menjadi pribadi yang tidak egois dan saling mengerti sesame tim serta saling menutupi kekurangan masing – masing anggota tim.


Pemimpin dan Cara memimpin....

berikut adalah beberapa permainan mengasah cara menjadi pemimpin......
1.Cermin Diri.
Pada permainan cermin diri pelajaran yang dapat saya ambil antara lain :
a. Jadi Diri sendiri
Untuk dapat meniru gerakan orang lain sangatlah sulit oleh sebab itu kita harus menjadi diri sendiri karena kita akan lebih nyaman dan juga lebih seru dalam membuat gerakan sendiri dan juga apabila orang kita tiru gerakannya adalah orang yang jauh berbeda dengan kita misalnya kita orang yang sering aktif bergerak maka untuk menirukan gerakan orang yang kurang gerak sangat sulit begitu pula dengan orang yang kurang gerak apabila menjadi cermin orang yang aktif sangat sulit oleh sebab itu maka menjadi diri sendiri lebih baik.

b. Menjadi lebih kreatif.
Permainan ini mengajarkan kita untuk dapat menciptakan gerakan dan inovasi yang baru dalam waktu yang cepat sehingga kita akan dapat berpikir lebih kreatif dalam waktu yang singkat dan juga mampu bekerja dalam waktu yang singkat akan tetapi menghasilkan sesuatu yang menarik.

c. Mampu melaksanakan perintah dengan baik dan tepat.
Permainan ini menghasruskan kita untuk dapat meniru gerakan orang yang kita cerminni apabila kita salah maka kita akan mendapat hukuman oleh sebab itu maka kita harus dapat menirukan dengan baik gerakan kawan kita dan juga melatih kita untuk dapat patuh pada aturan yang ada dan mampu melaksanakan perintah dengan baik.

d. Menjadi contoh yang baik.
Permainan ini mengajarkan kita untuk dapat menjadi contoh yang baik karena apabila kita memberikan gerakan yang sulit kepada orang yang mencermin kita maka kita akan membuat malu dan tidak baik untuk dititu.


2. Raja dan Pewarisnya.
Pada permainan raja dan pewarisnya mengajarkan antara lain :
a. Mampu berfikir jauh kedepan.
Pada permainan ini kita diharuskan menjadi penasehat yang baik untuk raja dan untuk jadi menjadi penasehat yang baik kita harus mampu berfikir dengan jauh kedepan sehingga kerajaan dan rakyat mampu hidup makmur tanpa ada perubahan keadaan pada saat pergantian raja oleh penerusnya. Selain itu untuk menenmukan sesuatu kita harus menemukan hal yang mampu bermanfaat bagi orang banyak.

b. Menciptakan inovasi yang banyak berfungsi bagi orang banyak.
Putra penerus raja yang ke tiga mampu menemukan hal yang bermanfaat bagi orang banyak sehingga dia yang layak menggantikan raja berkat inovasinya meneukan hal yang berguna banyak maka dia layak menjadi raja oleh sebab itu kita harus mampu menciptakan inovasi yang menarik dan bermanfaat untuk orang banyak.

c. Menjadi pemimpin yang bijak
Raja merupakan pemimimpin yang bijak dan contoh yang baik karena raja mampu membuat rakyatnya makmur dan juga dalam pemilihan penerusnya dia berani untuk membuat sesuatu yang baru dan beda dari kerajaan lainnya sehingga hasilnya raja mampu menemukan penggantinya dengan baik dan tidak mengkhawatirkan.


3. Sopir truk dan Penjual Sayur.
Pelajaran yang dapat kita ambil dalam permainan sopir truk dan penjual sayur adalah:
a. Mampu lebih terbuka dengan lingkungan sekitar.
Untuk mampu berkoordinasi dengan rekan kerja ataupun anggota maka kita harus mampu saling terbuka dan saling tahu kemampuan masing-masing sehingga dalam bekerja sama lebih asyik dan lebih bebas dan lebih terasa enjoy dalam melakukan sesuatu serta tidak saling memberatkan satu sama lain.

b. Melatih untuk saling percaya.
Dalam membentuk suatu tim yang solid maka kita diharapkan untuk saling percaya untuk dapat memikul tanggung jawab masing-masing sehingga akan menghasilkan kepuasan dalam hasilnya.



4. Jalur Bintang
Dalam permainan jalur bintang kita dapat mengambil pelajaran antara lain:
a. Saling Percaya
Pemimpin yang baik mamppu mengarahkan timnya menjadi lebih baik dan lebih terarah sehingga kita harus percaya bahwa orang yang memimpin kita mampu mengarahkan dengan baik.
b. Saling menyatukan visi dan misi dalam tim.
Permainan ini mengajarkan kita untuk saling menyatukan visi dan misi sehingga tujuan yang akan kita capai dapat tercapai dan saling bekerjasama dengan baik karena telah sejalan dan tujuan yang sama.

c. Mendengarkan dengan baik
Permainan ini mengajarkan kita untuk mampu mendengarkan kemauan ataupun keputusan pemimpin sehingga akan menghasilkan jalan yang benar dan baik. Karena keputusan pemimpin adalah yang terbaik untuk tim dan mampu di pertanggungjawabkan.


d. Melatih kerjasama tim.
Permainan ini juga melatih kerjasama tim ketika kita saling mengetahui kekuatan dan kelemahan tim maka dengan sangat cepat kita akan saling menutupi masing-masing sehingga akan terbentuk kerja sama tim yang baik dan melatih sehingga semakin terbentuk tim yang solid.


Manajemen Stress....

Stress adalah suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi seseorang. Stress juga dapat diartikan sebagai suatu kondisi yang menekan keadaan psikis seseorang dalam mencapai suatu kesempatan dimana untuk mencapai kesempatan tersebut terdapat batasan atau penghalang. Ada banyak faktor yang menyebabkan sters diantaranya adalah faktor lingkungan, organisasi, dan individu.
Gejala-gejala stres mencakup mental, sosial dan fisik. Hal-hal ini meliputi kelelahan, kehilangan atau meningkatnya napsu makan, sakit kepala, sering menangis, sulit tidur dan tidur berlebihan. Melepaskan diri dari alkohol, narkoba, atau perilaku kompulsif lainnya sering merupakan indikasi-indikasi dari gelaja stres. Perasaan was-was, frustrasi, atau kelesuan dapat muncul bersamaan dengan stres.
Oleh sebab itu cara yang paling tepat untuk dapat keluar dari permasalahan stress adalah manajemen stress. Manajemen stress merupakan kemampuan penggunaan sumber daya (manusia) secara efektif untuk mengatasi gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang muncul karena tanggapan (respon). Tujuan dari manajemen stress itu sendiri adalah untuk memperbaiki kualitas hidup individu itu agar menjadi lebih baik.
Strategi dalam menangani masalah stress ada banyak diantaranya adalah berusaha agar selalu berfikir positif dalam segala hal, usahakan agar tidak gampang panik dalam setiap masalah sehingga tidak muncul rasa stress, Jauhkan diri dari berbagai situasi menekan, Jangan mempermaslahkan hal-hal sepele, hindari rekasi berlebihan, Usahakan agar selalu menghasilkan yang terbaik.


Belajar.... dan Belajar......

“20-80”
Pelajaran yang dapat di ambil dari permainan 20-80 adalah :
1. Fokus
Dalam permainan ini kita diajarkan untuk focus karena agar lolos dari hukuman kita harus tanggap dan cepat karena bisa saja yang disebutkan oleh instruktur itu adalah bukan sesuai aturan hingga kita salah dalam bergerak.

2. Kejujuran
Permainan ini mengajarkan kita untuk selalu jujur dalam segala hal karena pada saat tangan kita tertangkap oleh teman maka bisa saja kita bekerjasama untuk melepaskan dan tidak mendapatkan hukuman.

3. Cepat dalam mengambil tindakan
Pada permainan ini kita harus cepat dalam mengambil tindakan agar tangan kita tidak tertangkap oleh teman kita maka diperlukan ketepatan dalam mendengar dan bertindak.

“BUT AND YES”
Pelajaran yang dapat diambil dari permainan but and yes adalah :
1. Saling melengkapi.
Pada permainan ini kata dan itu pada saat bercerita membuat kita dapat saling melengkapi apa kekurangan dan bisa lebih asyik dalam bercerita.
2. Melatih untuk selalu saling mengingatkan.
Untuk berkata tetapi maknanya adalah kita harus saling mengingatkan kembali yang terbaik mana.


3. Melatih untuk tidak egois.
Permainan ini melatih kita untuk tidak egois dan dapat selalu saling membandingkan yang terbaik.

4. Mampu mencari jalan keluar tiap masalah.
Pada saat diskusi kita menemukan banyak masalah dan dengan permainan dan tetapi maka kita diajarkan untuk dapat selalu mempunyai jalan keluarnya hingga semua perbedaan akan menjadi satu.

“PELANGI PERBEDAAN”
1. Melatih kreatifitas
Permainan ini mengajarkan kita untuk lebih kreatif dalam merancang drama yang akan kita tampilkan nantinya.

2. Melatih kekompakan tim.
Kerjasama tim sangat diperlukan dalam permainan ini hingga kekompakan sangatlah diperlukan agar hasil yang dicapai dapat memuaskan hasilnya.

3. Melatih perlunya saling membantu antara anggota kelompok.
Agar semua ide dapat dijalankan dengan baik maka saling membantu sesama sangatlah diperlukan dan juga agar semua anggota tim aktif dalam pengerjaan tugas.

4. Membangun kebersamaan.
Proses perancangan pembuatan film sangat membuat kebersamaan terasa karena semua anggota aktif dalam pengerjaan dan perancangan jadi kebersamaan tim makin terasa.


SOLIDARITAS....

“YEL-YEL”
Pelajaran yang dapat kami ambil dari permainan yel-yel team adalah:
1. Fokus dalam waktu singkat.
Permainan ini merupakan permainan yang telah dilakukan sebelumnya oleh sebab itu pada saat kita diperintahkan untuk melakukan ulang team kami lupa dengan yel-yel team kami yang telah kami buat sebelumnya oleh sebab itu maka permainan ini juga mengajarkan untuk fokus dalam waktu singkat agar team kita pada saat penampilan tidak kacau dan tetap menampilkan yang terbaik.

2. Selalu mengingat identitas team.
Yel-yel merupakan salah satu identitas team oleh sebab itu kita tidak boleh melupakan identitas tersebut dan permainan ini juga mengajarkan hal tersebut.

3. Melatih kreatifitas.
Permainan ini melatih kreatifitas kita karena yel-yel yang ad adapt kita edit dan kita perbaharui hingga akan muncul fikiran –fikran untuk lebih baik oleh sebab itu timbullah jiwa-jiwa kreatifitas dalam diri setiap anggota tim.

4. Melatih kerja sama team.
Peran setiap anggota team sangat diperlukan disini karena semua elemen team berfungsi pada permainan ini hingga sangat diperlukan kerja sama dan kekompakan tim.

5. Melatih kepercayaan diri tampil didepan umum.
Permainan ini mengharuskan kita untuk menampilkan yel yel team kita di panggung dan ini semakin membuat kita lebih berani untuk tampil didepan umum.




6. Mengahargai pendapat orang lain.
Permainan ini melatih kita untuk dapat mengeluarkan ide-ide kreatif kita akan tetapi juga harus menghargai pendapat dari orang lain hingga menghasilkan karya yang baik dan juga menarik untuk dilihat orang banyak.

“KONSULTAN”
Permainan konsultan mengajarkan kita antara lain:
1. Mampu menyelesaikan setiap masalah yang ada.
Pada permainan ini kita dituntut untuk dapat menjadi konsultan yang mampu menyelesaikan semua masalah dan membantu banyak orang.

2. Mampu peduli terhadap lingkungan.
Setiap permasalahan yang ada akan kita selesaikan dengan baik dan caranya adalah dengan mampu melihat disekeliling kita hingga rasa peduli terhadap lingkungan itu tertanam dan menjadi kebiasaan.

3. Melatih menyelesaikan masalah sendiri.
Setiap permasalahan yang ada dan diberikan oleh kawan kita ternyata mirip dengan masalah kita hingga kita dapat mengambil kesimpulan bahwa semua masalah kita dapat kita selesaikan sendiri dan kita punya solusi sendiri untuk setiap masalah kita.

4. Mengajarkan untuk jadi lebih bijak.
Permainan ini mengajarkan kita untuk lebih bijak karena setiap maslah kita dapat mengambil hikmahnya dan menjadikan pelajaran buat diri kita hingga pada saat kita berada dalam masalah tersebut kita dapat cepat mengambil solusi.



5. Saling membantu teman.
Solusi yang kita berikan pada teman kita membuat kita dapat merasa senang membantu teman kita menyelesaikan maslahnya hingga rasa persahabatan makin erat dan baik.


”MENJADI DESAINER”
Pelajaran yang dapat kita ambil dari permainan menjadi desainer adalah:
1. Berfikir kreatif
Permaina ini mengajarkan kita untuk dapat lebih kreatif dalam mendesain rekan kita yang menjadi peraga dan menjadi model agar kelihatan lebih menarik dan lebih beda dari rancangan orang lain.

2. Bertanggung jawab atas setiap hasil ciptaan kita.
Permainan ini mengajarkan kita untuk dapat bertanggung jawab dengan setiap hasul karya kita dengan mempresentasikannya agar lebih bermakna dan berarti.

3. Berani berkorban untuk team.
Untuk memilih teman yang ingin menjadi model sangatlah sulit oleh sebab itu diperlukan pengorbanan dalam tim hingga menjadi lebih baik dan dapat mempersatukan tim.

4. Kekompakan team.
Sangatlah diperlukan kekompakan team dalam menyelesaikan rancangan kita oleh sebab itu sangat diperlukan kerjasama team dengan berbagi tugas misalnya untuk mengerjakan rancangan yang ada.

5. Saling menghargai.
Untuk dapat menyatukan pendapat diperlukan kerja sama untuk saling menghargai pendapat oleh seba itu setiap anggota team mempunyai masukan dan ide yang baik pada saat itulah akan terjadi perbedaan pendapat dan tim yang dapat menyelesaikan perbedaan tersebut dengan baiklah yang akan menjadi team yang dapat cepat bekerja.

6. Melatih kepercayaan diri.
Sangatlah diperlukan kepercayaan diri dalam permainan ini karena dalam mendesain banyak yang lebih baik dari tampilan kita oleh sebab itu kita harus percaya diri dalam mendesain karena kita harus yakin bahwa karya kita juga tidak kalah dengan yang lainnya.


"Tali berpasangan dan Monopoli Perusahaan"

“ Tali Berpasangan “
Pelajaran yang dapat kita ambil dari permainan tali berpasangan adalah :
1. Melatih kekompakan tim.
Pada permainan ini kita diajarkan untuk dapat bekerja sama dalam tim hingga tim yang ada menjadi lebih solid dan kompak.
2. Dapat menjadi leader dalam tim.
Permainan ini juga mengajarkan kita untuk dapat menjadi leader karena pada saat semua anggota dalam tim tidak dapat menentukan tujuan perputaran tali maka akan terbentuk jiwa kepemimpinan yang ada hingga tim dapat lebih terkoordinir dan dapat menyelesaikan tantangan yang ada.
3. Melatih kesabaran.
Karena pada saat pemainan ini membutuhkan waktu yang lama untuk mebuat bola atau membentuk lingkaran akan melatih kita untuk lebih bersabar dalam mengerjakan sesuatu kemudian juga pada saat tali telah dibentuk menjadi lebih kokoh kami diperintahkan untuk melepasnya kembali hingga dapat melatih kesabaran kami dalam memecahkan suatu masalah.
4. Menjadikan lebih kreatif.
Pada permainan ini kita diajarkan untuk lebih kreatif hingga simpul yang terbentuk dari tali tersebut dapat kuat kemudian akan dilepas kembali hingga kita harus mengakali bagaimana caranya agar dapat membuat simpulan tali yang tidak acak – acakan, kuat, dan dapat dilepas dengan cepay.
5. Saling mengerti sesama anggota tim dan tidak egois.
Dalam membentuk simpul tali kita harus cepat oleh sebab itu semua anggota tim harus bekerja agar dapat terselesaikan dengan baik dan pada saat mulai bekerja pasti akan timbul sikap egois dan maw terus untuk diikuti oleh sebab itu kita dapat terlatih untuk saling pengertian dan mendengarkan masukan dari anggota tim kemudian juga agar belajar tidak egois.


“ Monopoli Perusahaan “
Pelajaran yang dapat kita ambil dari permainan monopoli perusahaan adalah :
1. Mampu mengatur strategi yang tepat.
Dalam permainan ini kita akan ditawarkan perusahaan oleh bank dan kita akan membeli ataupun tidak terserah tim kita oleh sebab itu kita harus lebih dapat mengatur strategi yang tepat agar tidak salah langkah.
2. Mengorganisir tim dengan baik.
Koordinasi tim sangat diperlukan dalam permainan ini karena keputusan tim adalah yang utama dalam menentukan apakah kita akan setuju untuk membeli maupun tidak hingga kelancaraan dan keuangan tim adalah tergantung koordinasi antara anggota tim.
3. Kerjasama dalam tim.
Semua keputusan tergantung apakah ada anggota tim yang egois ataupun tidak menginginkan kemajuan tim oleh sebab itu kita harus bekerjasama.
4. Kerjasama dengan tim lain.
Dalam permainan ini kita dapat bekerjasama dengan tim lain baik untuk mengalahkan tim lain maupun untuk saling mengambil untung dari bebagai sisi.
5. Setia pada semua perjanjian dengan tim lain.
Pada permainan ini kita diajarkan untuk sesuai dengan apa yang telah disepakati dengan tim lain hingga tidak menjadi pengkhianat karena akan mengganggu kerpercayaan yang ada antara sesame tim yang ada.
6. Berani mengambil tindakan.
Dalam permainan ini kita diajarkan untuk dapat lebih berani dalam mengambil tindakan karena pada saat tidak ada tim yang dapat dipercaya maka akan lebih saling menekan antara semua tim oleh sebab itu diperlukan keberanian untuk dapat mengambil tindakan.


“Simon Berkata”

Pelajaran yang dapat kita ambil dari permainan simon berkata adalah:
1. Menaati peraturan yang ada.
Dalam permainan ini kita diwajibkan untuk dapat mengikuti apa yang diperintahkan oleh simon oleh sebab itu kita dapat belajar untuk patuh pada perintah dari atasan dan menjalankan dengan benar.
2. Fokus pada satu tujuan.
Permainan ini juga mengajarkan kita untuk selalu memfokuskan diri pada apa yang kita kerjakan karena apabila kita tidak focus maka kita akan salah mangambil langkah dan keputusan.
3. Tidak bertindak sesuka hati.
Permainan ini mengajarkan kita untuk selalu taat pada apa yang diperintahkan jadi kita dapat belajar untuk bertindak lebih teratur sehingga semua tujuan dan perintah yang ada sebelumnya dapat kita laksanakan dengan baik.
4. Kejujuran.
Permainan ini juga mengajarkan kita untuk jujur karena pada saat yang diperintahkan oleh simon telat maka kita pasti akan mengikuti teman disamping kita oleh sebab itu kita harus jujur pada saat kita tidak mengikuti perintah dari simon.
5. Melatih kepercayaan pada atasan.
Dalam permainan ini kita diajarkan untuk selalu taat pada apa yang dikatakan simon hingga kita dapat belajar untuk percaya pada atasan karena apa yang dikatakan atasan pasti dapat dipertanggung jawabkan dan mampu melindungi bawahannya.


"angin bertiup"

Pelajaran yang dapat kita ambil dari permainan angin bertiup adalah :
1. Fokus dalam bekerja
Kita diajarkan untuk fokus pada apa yang kita kerjakan karena pada permainan ini setiap perintah yang berikan oleh instruktur harus kita perhatikan dengan baik agar kita tidak terjebak dan selalu dapat mengambil tindakan yang tetap baik itu pada saat perintahnya menyangkut diri kita ataupun tidak terdapat pada diri kita.

2. Menentukuan arah dan tujuan yang jelas.
Kita diajarkan untuk dapat menjadi orang yang tegas karena pada saat perintah instruktur adalah mengenai diri kita maka kita harus berpindah tempat dan tempat tersebut haruslah sesuai peraturan yang ada sehingga kita harus menentukan tempat dan tujuan yang jelas.

3. Mampu melihat dan mengatasi masalah disekitar kita.
Permainan ini juga mengajarkan pada kita untuk mampu melihat dan mengatasi masalah yang ada disekitar kita karena ketika perintah instruktur bukan mengenai diri kita maka kita dapat membantu teman kita untuk melihat tempat dan tujuan yang dapat mereka raih sehingga dengan kata lain kita dapat membantu sesama.

4. Berinteraksi dengan banyak orang.
Ketika kita harus berpindah tempat karena perintah instruktur menyangkut kita maka kita dapat bertukar dengan orang lain oleh sebab itu maka terjadilah interaksi dengan banyak orang baik yang sudah kita kenal dengan baik maupun yang tidak kita kenal dengan akrab.


“ MENULISKAN PERUBAHAN SETELAH BELAJAR K.I”

Hikmah dari permainan menuliskan perubahan yang ada setelah belajar keterampilan interpersonal adalah :
1. Mengenal diri.
Permainan ini mengajarkan pada kita untuk selalu dapat mengenali diri kita hingga kita dapat mengenal setiap perubahan yang ada pada diri kita hingga kita mengenali kekurangan dan kelebihan diri kita hingga kita dapat menenpatkan diri baik dalam pergaulan maupun dalam segala hal.

2. Mengambil hikmah setiap kejadian.
Permainan ini juga mengajarkan kepada kita untuk dapat lebih bijak pada setiap kejadian yang ada karena semua kejadian pasti terdapat nilai – nilai yang bisa kita pelajari dan juga menambah pengalaman sehingga kita dapat terbentuk menjadi orang bijak.

3. Mengembangkan sikap terbuka.
Pada permainan ini ada sesi sharing dengan pendamping dimana kita diberikan kesempatan untuk dapat meriview setiap permainan yang telah dipelajari selama belajar k.i sehingga kita dapat berbicara dan mengungkapkan pendapat dan mengingat semua pelajaran dan pengalaman yang kita dapatkan selama belajar k.i sehingga tertanam sikap keterbukaan untuk berbicara dengan bebas sesama anggota kelompok.

4. Mampu mengenal karakter teman kelompok.
Setelah menuliskan semua perubahan yang kita alami setelah belajar keterampilan interpersonal kita diberikan kesempatan untuk menjelaskan di depan teman – teman kelompok sehingga dengan kata lain kita dapat mengenal karakter teman kelompok sehingga kita dapat saling menutupi kekurangan dan kelebihan anggota kelompok.


tebak-tebakannnnn

Pelajaran yang dapat kita ambil dari permainan ini antara lain :
1. Berfikir Kreatif.
Kita diajarkan untuk dapat lebih kreatif memberikan pertanyaan kepada teman yang mengetahui apa isi tebakan tersebut, sehingga kita harus lebih menanyakan hal yang lebih spesifik dan mampu memperhatikan apa yang ditanyakan oleh kelompok lain agar kita dapat menebak dengan benar sehingga sangatlah penting untuk tetap berfikir kreatif.

2. Melatih kerjasama tim.
Permainan ini menguji kekompakan tim karena yang menjadi taruhan adalah teman kita sendiri apabila kita mampu menjawab dengan benar maka teman kita kembali kepada kelompok kita akan tetapi apabila kita tidak mampu menjawab dengan benar maka teman kita akan berpindah kelompok, oleh sebab itu kita harus saling berkoordinasi denagn tim sebelum menjawab karena keputusan tim adalah keputusan bersama.

3. Perlunya regenerasi ataupun perubahan.
Permainan ini menjadikan tim yang ada menjadi bertambah banyak dan ada tim menjadi berkurang karena pada saat tim menjawab benar maka anggota timnya bertambah sedangkan apabila tidak dapat menjawab dengan benar maka otomatis anggota timnya berkurang sehingga pada saat tim yang mampu berfikir kreatif untuk menjawab dengan benar maka dapat kita maksudkan bahwa pastilah tim tersebut akan bertambah.

4. Mengorganisir tim dengan baik.
Pada saat anggota tim berkurang maka kita harus melakukan perubahan hingga tim kita dapat lebih solid dan menciptakan hal baru yang inovatif hingga tim kita tidak drop dan bubar, kemudian untuk tim yang anggotanya makin banyak kita diwajibkan untuk dapat bersosialisasi lagi hingga anggota baru dapat beradaptasi dengan baik dan cepat dan mampu mebuat tim menjadi lebih solid lagi.


Keterampilan interpersonal.....

Pelajaran yang dapat saya ambil setelah mengikuti mata kuliah keterampilan interpersonal pertemuan kedua kemarin adalah permainan pertama yaitu seven up mengajarkan kita untuk selalau focus dalam mengerjakan sesuatu sehingga akan menghasilkan sesuatu yang memuaskan kemudian juga mengajarkan kepada kita untuk dapat memberikan kepercayaan kepada orang lain sehingga dapat membentuk tim yang solid dan dapat mengerjakan tugas ataupun segala hal dengan kompak dan tepat.
Pada permainan yang kedua adalah seni origami dimana dalam permainan ini membutuhkan seseorang yang dapat menjadi pemimpin yang tepat karena akan mengarahkan rekan – rekannya untuk tetap berkarya sesuai dengan tujuan dan target yang akan kita capai, selain itu permainan ini juga memerlukan kepercayaan diri yang tinggi karena pada saat kita membuat sebuah karya ataupun saat bekerja kadang kita sering melihat pekerjaan orang lain sehingga pada saat kita berkarya menjadi tidak berani menciptakan segala sesuatu kemudian juga menjadi tidak percaya diri sehingga bakat yang kita miliki menjadi sia-sia dan tidak dapat kita kembangkan, oleh sebab itu kita harus percaya diri karena setiap karya akan lebih baik dan memiliki kepuasan apabila kita sendiri yang menciptakannya.
Permainan ketiga adalah saya dan diri saya dimana pada permainan ini kita harus menjadi pendengar yang baik dan menjadi pencerita yang baik karena pada permainan ini kita diajarkan untuk dapat mendengarkan segala sesuatu yang diceritakan oleh orang lain karena ilmu tidak hanya kita dapatkan dengan membaca, menulis, melihat, dll akan tetapi juga dapat kita peroleh dari mendengarkan apa yang ada dan apa yang disampaikan oleh orang lain.kemudian juga berbicara dengan berbicara melatih kita memaksimalkan apa yang bisa kita miliki karena kemampuan berbicara seseorang kadang mencerminkan kecerdasan intelektualnya, selain itu dengan bercerita kadang pada saat ada masalah setelah kita menceritakan pada orang lain akan terasa lebih nyaman.
Pada permainan yang keempat yaitu membuat tujuan tim dan mempresentasikannya disini kita diajarkan untuk meiliki tujuan yang jelas sehingga dapat hidup lebih nyaman dan jelas kemudian juga mengajarkan kekompakan dalam tim karena disini kita bersama – sama membangun tujuan tim, selain itu juga mengajarkan untuk saling mendukung dalam tim karena inti dalam tim yang baik adalah saling mendukung.


K.I First....

Pelajaran yang dapat saya ambil setelah mengikuti mata kuliah Keterampilan Interpersonal  pada pertemuan pertama mata kuliah tersebut  adalah, dimulai dari materi yang pertama yaitu pengelompokan dengan cara menemukan  teman kelompok  yang memiliki kesamaan dengan diri kita sendiri melalui pembagian nama-nama hewan secara acak dan setelah itu  menirukan suara hewan yang kita dapatkan, dengan permainan tersebut  saya dapat mengambil pelajaran yaitu kita diajarkan untuk menemukan teman yang sama dengan kita sehingga kita dapat merangkai lingkungan kerja dan mulai bekerja sama tanpa melihat perbedaan akan tetapi kerja sama yang berdasarkan asas kesamaan sehingga kita dapat merangkai lapangan kerja yang baik dan lebih bersinergi  dalam dunia kerja. Selain itu dapat mengajarkan saya bahwa segala hal yang akan kita bangun dalam dunia ini didasarkan pada kesamaan  yang ada pada diri kita dan orang lain. Permainan yang kedua yaitu lempar bola dimana dengan permainan tersebut kita dapat mengenal banyak orang yang pada dunia luas dinamakan mengenal berbagai relasi sehingga dengan banyak relasi kita dapat memperluas jaringan kerja kita. Selain itu lempar bola juga mengajarkan pada kita agar dalam menangani usaha pada perusahaan ataupun usaha sendiri kita harus berhati-hati mengeluarkan berbagai produk dan juga lebih cermat dalam mempromosikan produk tersebut karena bisa saja cara kita melemparkan atau memaparkan produk sangat tidak sesuai dengan keinginan pasar dan mengakibatkan produk yang baik tidak dapat dimanfaatkan dengan baik. Manfaat lain dari permainan tersebut adalah mengajarkan kita untuk selalu berterima kasih kepada orang lain meski hal sekecil apapun karena dengan terima kasih kadang hal kecil dan kurang bermakna bisa menjadi lebih baik karena orang lain menilai kita dapat menghargai setiap karya yang ada, dalam masyarakat saya dapat mengambil pelajaran dari permainan tersebut bahwa semua karya harus dihargai dan menjalin relasi dengan banyak orang sangat diperlukan karena dapat memperluas pengetahuan serta menambah pengalaman. Permainan selanjutnya adalah membuat yel-yel dan nama kelompok serta menampilkan yel-yel tersebut di panggung s.i. dalam permainan tersebut saya dapat mengambil pelajaran bahwa kekompakan tim sangatlah penting untuk menghasilkan karya yang baik serta kreativitas individu dalam menghasilkan ide-ide baru menjadi pendukung keberadaan tim yang solid, permainan ini juga mengajarkan untuk dapat menjadi pemimpin dalam tim sehingga semua ide yang ada dapat kita seleksi tanpa mengurangi rasa tidak menghargai pendapat orang lain melainkan dengan persamaan dalam tim sehingga dengan persamaan tersebut akan muncul ide baru yang  fres  dan makin dapat menghasilkan karya yang lebih baik. Selain itu permainan ini juga mengajarkan bahwa untuk dapat lebih bernilai dalam masyarakat kita harus menjadi lebih lain dari yang lain atau dalam hal ini kita harus menciptakan sesuatu yang berbeda dari apa yang telah dibuat oleh orang lain. Permainan ini juga mengajarkan kita untuk lebih berani tampil dihadapan orang banyak hingga menciptakan mental kita menjadi lebih tangguh dan lebih berani serta nanti pada saat kita telah dihadapkan pada masyarakat yang luas kita telah siap dan mampu untuk menghasilkan tampilan yang dapat memuaskan selera masyarakat. Pada pemanfaatan yang lebih luas saya dapat mengambil hikmah bahwa segala hal selagi segalanya positif seharusnya kita lebih berani dan lebih memperjuangkan sampai mencapai target yang ingin kita capai. Permainan yang terakhir yaitu perkenalan dan mencari teman sebanyak mungkin mengajarkan saya untuk dapat lebih cepat dan lebih bekerja keras dalam mengenal banyak orang selain itu mengajarkan juga untuk lebih tepat dan cepat dalam menyelesaikan tugas serta target yang akan kita capai.